Cara Cek Partisi Harddisk GPT atau MBR Dengan Mudah

Goliketrik.com - Hardisk adalah media penyimpanan utama pada laptop atau komputer, pada saat pertama kali komputer diinstall maka sistem operasi akan tersimpan pada hardisk dan biasanya terletak pada local disk C.Sekedar informasi bahwa media penyimpanan utama komputer saat ini berkembang sangat cepat sehingga media penyimpanan utama yang umum digunakan adalah Harddisk Driver (HDD) dan Solid State Drive (SSD).

Cara Mudah Cek Partisi Laptop Atau Komputer

Untuk mengikuti perkembangan hardware khusunya media penyipanan Hardisk dan SSD  mempunyai skema partisi yakni Guid Partition Table (GPT) dan Master Boot Record (MBR). sebenarnya kedua skema ini memiliki peran yang sama yaitu menyesuaikan kinerja Hardware dan Operating System.

Cek Partisi Harddisk/SSD apakah GPT atau MBR ?

Bagi sebagian orang cek skema partisi hardisk bukan hal yang penting, namun bagi anda yang membaca artikel ini pastinya sedang menggali informasi untuk mengetahui skema partisi untuk berbagai keperluan, namun secara umum seseorang ingin mengetahui informasi partisi untuk keperluan install ulang komputer, sehingga pada saat membuat bootable Windows tidak kebingungan memilih skema GPT atau MBR. 

Nah jadi bagi kamu yang ingin mengetahui informasi skema partisi GPT dan MBR disini kami akan menjelaskan dengan dua cara dengan menggunkan CMD dan Disk Management Tools. untuk lebih jelas berikut pemaparannya :

A. Cek Skema Partisi GPT atau MBR menggunakan CMD

Untuk cara yang paling mudah dan sederhana dengan menggunakan CMD, untuk cek skema partisi dengan CMD kamu perlu mengetikkan beberapa printah, berikut caranya

1. Buka RUN (Tekan tombol logo windows pada keybor + R)
2. Pada Run ketik CMD


3. Setelah Command Promt (CMD) ketik printah DISKPART Kemudian Enter

4. Kemudian ketik printah LIST DISK lalu Enter kemudian akan tampil informasi skema partisi komputer yang anda gunakan
5. Selesai

B. Cek Skema Partisi Hardisk GPT atau MBR Dengan Disk Management Tools

Jika kamu kesulitan untuk cara yang perta silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk cek skema partisi GPT atau MBR

1. Buka RUN (Tekan tombol logo windows pada keybor + R)
2. Ketikkan DISKMGMT.MSC kemudian klik OK

3. Kemudian pada DISK 0 klik kanan kemudian Klik PROPERTIES

4. Setalah jendela properties terbuka klik pada tab VOLUMES kemudia pada tam volumes anda bisa melihat informasi skema partisi komputer yang sedanga anda gunakan. 

5. Selesai

Video Tutorialnya :



Itu lah cara melihat informasi skema partisi harddisk komputer/laptop. cara diatas tentunya telah kamu uji coba dan setiap langkah yang kami paparkan diatas sukses, namun jika anda mengalami kendala silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Terimakasih

0 Response to "Cara Cek Partisi Harddisk GPT atau MBR Dengan Mudah"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel