Apa Itu SSD (Solid State Drive) dan Apa Bedanya Dengan HDD (Hard Disk Drive)

Goliketrik.com - Bagi anda yang baru mendengar istilah SSD tentunya akan penasaran, karena seperti yang kita ketahui bahwa SSD rame diperbincangkan baru-baru ini setelah komputer PC/laptop keluaran baru dilengkapi dengan SSD untuk mengantikan media penyimpanan HDD. Sebagai orang awan pastinya kita akan kebingungan karena komputer pc/laptop dengan media penyimpanan ini harganya lebih mahal dibanding dengan Komputer dengan HDD.


Pengenalan SSD Untuk Mengetahu Fungsinya

Untuk memjawab penasarna anda terkait hadware ini dibawah ini akan kami paparkan 

1. Apa Itu SDD

SDD adalah singkatan dari Solid State Drive, adalah sebuah hardware komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan, solid-state menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.
Sebagai analogi  yang dapat kita lihat sehari-hari untuk mengambarkan SSD adalah USB Flash Drive atau USB Thumb Drive. Yang biasa kita gunakan untuk menyimpan data, dan  untuk mengambil datanya kita mencolokkanya pada port USB komputer kita, dan bisa dikatakan bahwa SSD adalah versi terbaru dan versi canggih dari penympanan-penyimpanan tersebut. Yang menjadi perbedaaan antara penyimpanan seperti USB driver dan kawan-kawan adalah pada penggunaannya karena SSD dapat digunakan untuk untuk media penyimpanan internal yang berfungsi untuk menyimpan dan menginstall File Booting Sistem Operasi.
Dengan pemanfaatan teknologi IC pada SSD sehingga media penympanan ini tidak memilki komponen bergerak didalamnya, berbeda dengan media penyimpanan Hard Disk Drive yang memilki Kepingan magnetik dan head yang berfungsi untuk menulis dan membaca.


Jika dilihat dari bentuk Fisik SSD adalah media penyimpnan yang sangat tipis, dan menariknya media penyimpanan ini menghadirkan performa terbaik untuk menjalankan boot dan performa baca/tulis yang tinggi guna mendukung komputasi yang memerlukan kemampuan multitugas lebih baik dan menjadi media penyimpanan dengan penggunaan daya yang sangat rendah

2. Fitur Teknologi Pada SSD

Perlu anda ketahuia Bahwa Solid State Drive dapat digolongkan menjadi dua, yakni  berbasis flash dan berbasis DRAM (Dynamic Random Access Memory). Contoh pemanfaatan SSD Berbasi flash adalah Flash Disk, SD Card, Micro SD Card, MMC dan Compact Flash . Sedangkan SSD dengan ukuran fisik sebesar hard-disk konvensional, yaitu ukuran 1,8 inci dan 2,5 inci dengan kapasitas hingga diatas 128 GB. SSD berbasis flash memanfaatkan DRAM untuk cache yang dipakai untuk menyimpan informasi tentang penempatan blok data. Sementara pada SSD dengan kinerja tinggi biasanya dilengkapi dengan penyimpanan daya listrik sementara .

3. Perbedaan dan Perbandingan SSD Dan HDD

Agar anda lebih mengetahui lebih detail tentang SSD dan Memahami perbedaan serta perbandingan dengan HDD (Hard Disk Driver) maka dibawah ini kami sajikan tabel perbandingannya :


Apa saja perbandingan SSD dengan HDD




PERBANDINGAN SSD DAN HDD
Komponen SSD (Solid State Drive) HDD (Hard Disk Drive)
Penggunaan Daya 2 - 3 watt 6 - 7 watt
Harga Lebih Mahal Masih lebih murah
SIze Notebook: kurang dari 1TB Notebook: 500GB - 2 TB
Desktop: Max 1TB Desktop: 6 TB
Kecepatan booting Lebih Cepat (10 - 13 detik) Lebih Lambat (30 - 40 detik)
Noise Tidak memiliki komponen yang bergerak sehingga tidak menghasilkan suara bising Terdapat komponen bergerak sehingga menghasilkan suara bising
Getaran Tidak ada getaran Ada getaran
Panas Tidak ada menghasilkan panas Menghasilkan panas
Failure Rate 2.0 juta jam 1,5 juta jam
Kecepatan baca / tulis Umumnya 200 MB/s, bahkan 550 MB/s untuk SSD yang tercanggih. Antara 50 – 120 MB/s
Enkripsi (kode sandi) FDE (Full Disk Encryption) FDE (Full Disk Encryption)
Kecepatan buka file 30% lebih cepat dari HDD Lebih lambat
Imbas Gaya Magnet SSD aman terhadap imbas gaya magnet Gaya magnet dapat menghapus data.


4. Kesimpulan 

Dari tabel diatas serta penjelasan pada poin satu dan tiga tentunya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa SSD adalah salah satu media penyimpanan masa kini denga teknologi canggih sehingga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan HDD. namun tetap kembali kepada anda apakah anda mempertahankan Hardi Disk dan atau beralih ke SSD, Untuk tanggapan anda kami tunggu di Kolon Komentar. Terimakasih

0 Response to "Apa Itu SSD (Solid State Drive) dan Apa Bedanya Dengan HDD (Hard Disk Drive)"

Post a comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel