Belajar Dasar Microsoft Word - Mengenal Bagian Bagian Microsoft Word Beserta Fungsinya

Goliketrik.com - Bagi kamu yang baru menganal dan ingin belajar microsoft word ada baiknya kamu mengenal bagian bagian microsoft word serta memahami fungsinya. nah untuk membantu kamu dalam proses belajar microsoft word kami akan menjelaskan bagian bagian microsoft word beserta fungsinya, namun sebelum melanjut kepada pembahasan kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu microsoft word : 

Apa Itu Microsoft Word?

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) merupakan software pengolah kata andalan Microsoft. yang dapat anda gunakan untuk membuat surat, makalah, skripsi, dan dokumen lainnya. Untuk lebih lengkap silahkan baca postingan kami yang berjudul Pengertian dan Pengenalan Microsoft Word
Setelah mengetahui apa itu microsoft word berikut kita akan membahas bagian-bagian microsoft word

Bagian-Bagian Microsft Word Beserta Fungsinya

Dengan fungsnya sebagai perangkat lunak pengolah kata microsoft word memiliki banyak menu dan tools pendukung. Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini :

Belajar Dasar Microsoft Word - Bagian-bagian Microsoft Word

Berikut Keterangannya :

1. Quick Acces Toolbar

Quick Acces Toolbar terdiri dari beberapa ikon yang dapat anda custom sesuai dengan kebutuhan, toolbar ini berfungsi untuk akases cepat seperti save, Print, Undo, Redo dan beberapa fungsi lainnya. 

2. Title Bar

Title bar berada tepat diatas menu bar, title bar berfungsi untuk memberikan informasi terkait nama dokumen yang sedang dibuka. 

3. Tool Bar

Tool bar adalah bagian yang sangat penting dalam microsoft word karena pada tool bar terdapat menu dan tools yang nantinya digunakan untuk pembuatan dokuemen pada microsoft Word. untuk lebih jelas berikut adalah komponen yang ada pada toolbar beserta penjelasannya :

A. MENU HOME

Menu home adalah menu yang memiliki menu turunan yang berfungsi sebagai pemformatan teks. berikutt adalah menu-menu yang ada pada menu Home.
  • Clipboard - Pada ribbon clipboard terdapat beberapa printah yaitu paste, cut, copy serta format painter.  printah-printah yang ada pada clipboard dapat kita gunakan pada saat mengkopi paste teks, memotong serta menyalin format teks.
  • Font - Ribbon font adalah sekumpulan printah-printah yang dapat anda gunakan untuk memformat teks seperti pemilihan jenis font, mengatur ukuran, membuat teks menjadi cetak tebal. mewarna teks dan beberpa printah lainnya.
  • Paragraph - Ribbon Pragraph adalah sekumpulan printah-printah yang dapat digunakan untuk memformat pragraf seperti pengaturan teks paragraf rata kiri kanan, pemformatan teks paragraf untuk membuat bullets, penomoran teks, dan penpenomoran multi level serta pengaturan line spasing. 
  • Style - Ribbon style adalah sekumpulan pengaturan tulisan secara otomatis untuk mengatur teks tanpa spasi, menandai sebuah teks judul atau subtitle. 
  • Editing - Ini adalah menu ribbon terakhir yang ada pada Home yaitu ribbon eding, ribbon ini dapat anda gunakan mencari tek tertentu dan mengganti teks kemudian pada menu editing anda bisa menyeleksi objek tertentu.

B. INSERT

Jika menu home memiliki menu ribbon untuk pemformatan teks, pada menu insert kita dapat menyisipkan atau memasukkan objek pada lembar kerja. menu insert juga memiliki banyak ribbon menu, untuk lebih jelas dibawah ini menu ribbon yang ada pada menu Insert :
  • Pages - Ribbon pages adalah ribbon yang dapat kita gunakan untuk menambah lembar kerja kosong, melakukan break page, dan menginsert template cover bawaan microsoft word yang dapat anda gunakan untuk cover laporan atau cover karya ilmiah. 
  • Tables - Ribbon tables ada ribbon yang dapat kita gunakan untuk menyisipkan tabel, 
  • Illustration - Ribbon Illustration adalah sekumpulan printah-printah yang nantinya sering anda gunakan pada saat mengoperasikan microsoft word, ribbon illustration dapat kita gunakan untuk menyisipkan objek gambar, shape, Screenshot, dan Chart. 
  • Add-ins - Ribbon add-ins adalah salah satu ribbon yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja microsoft word, dengan cara menyisipkan program tambahan. salah satu add ins yang ditawarkan word adalah Wikipedia dengan add ins wikipedia akan memudahkan anda untuk mencari referensi.

  • Media - Menu ribbon media adalah salah satu ribbon yang dapat anda gunakan untuk melampirkan video yang sumber dari website seperti youtube, untuk menyisipkan video komputer yang sedang digunakan harus terkoneksi internet.

  • Link - Ribbon link adalah ribbon yang dapat anda gunakan untuk menyisipkan link pada teks.




  • Comments - Jika kamu ingin membuat penanda pada teks dokumen microsoft word ribbon comments adalah ribbon yang dapat kamu gunakan.
  • Header And Footer - Ribbon ini adalah ribbon yang memiliki fungsi untuk memberikan catatan sepeti tulisan dan nomoer halaman diatas dan dibawah lembar kerja secara terus menerus.

  • Teks - Ribbon ini adalah ribbon yang berfungsi untuk menyisipkan teks box dan Wordart

  • Symbols - Ribbon simbol adalah ribbon  yang berfungsi untuk menyisipkan simbol tertentu, sering kita gunakan saat membuat rumus matematika, fisika dan rumus lainnya. 

C.DESIGN

Menu design adalah menu yang terdiri dari dua ribbon yaitu Document Formating,  dan Page Background.pada menu instert kita dapat menentukan format dokemen berdasarkan format yang telah disediakan oleh microsoft word, berikut penjelasannya :
  • Document Formating - Adalahkumpulan printah yang bisa kita manfaatkan untuk memformat dokumen agar lebih rapi, namun jika menggunakan format yang ada kita harus memberikan penanda judul sub judul agar format dapat diterapkan.

  • Page Background - Ribbon ini berfungsi untuk menformat bacground lember kerja seperti menysipkan watermark, warna background dan borders. 

D. LAYOUT

Menu layout adalah menu yang berfungsi untuk mengatur ukuran lembar kerja serta mengatur , menu ini terdiri dari tiga kelompok yaitu page setup, paragraph, dan arrange. berikut penjelasannya :
  • Page Setup - Adalah printah yang dapat kita gunakan untuk mengatur jenis kertas, mengatur batas pinggir lembar kerja, mengatur posisi kertas, dan beberapa printah lainnya

  • l

0 Response to "Belajar Dasar Microsoft Word - Mengenal Bagian Bagian Microsoft Word Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel