Pengertian Harddisk Drive (HDD) berserta fungsinya

Goliketrik.com- Hard Disk Drive adalah singkatan dari HDD, merupan salah satu media penyimpanan pada komputer , Sobat tentunya tidak asing lagi ketika mendengar nama perangkat komputer tersebuat sebab perangkat ini dengan sangat mudah ditemui karena hardisk sudah terpasang pada semua komputer baik komputer personal, komputer client dan komputer server. 
Namun bagi sobat yang sedang belajar tentang dasar-dasar komputer  maka sangat kami sarankan agar sobat lebih memahami pengertian hardik, fungsinya serta mengetahui bagai mana cara kerjanya.
Untuk lebih jelas silahkan simak penjelasan dibawah ini :

1. Pengertian Hardisk

Harddisk Drive disingkat dengan HDD merupakan perangkat keras komputer  yang berfungsi sebagi ruang penyimpanan data sekunder. perangkat ini memanfaatkan piringan magnetic dan dilengkapi dengan komponen read/write head untuk membaca dan menulis, dan ketika perangkat ini tidak dialiri listrik maka data tidak akan hilang melainkan tetap tersimpan.

Hardiks pertama kali diciptakan oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Pada awalnya hardisk terdiri dari  50 piringan magnetic berukuran 2 kaki sekitar 0,6 meter dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm dengan kapasitas penyimpanan hanya  4,4 MB. Seiring dengan perkembangan teknologi hardik disederhanakan menjadi lebih tipis, dan kini hardisk telah di anak tirikan karena kehadiran SSD (Solid State Drive) yang memiliki keunggulan yang sangat banyak dibanding Hardisk Drive (HDD)

2. Fungsi Hardisk Drive (HDD) 

Setelah anda memahami pengetian hardisk tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui apa fungsi perangkat komputer ini, jadi apa sebenarnya fungsi dari Harddisk?
Jadi fungsi hardisk adalah sebagai media penyimpanan  data, adapun data yang tersimpan pada harddisk adalah adalah booting sistem operasi, data aplikasi, serta data-data lainnya yang ada pada komputer. Selain media penyimpanan internal komputer hardisk juga tersedia sebagai media penyimpanan external.

3. Komponen Yang ada Pada Harddisk Driver

Untuk menjalankan fungsinya sebagai media penyimpanan, hardisk dilengkapi dengan komponen inti dan komponen pendukung sehingga harddisk dapat bekerjad dengan baik. dibawah ini adalah komponen-komponen yang ada pada hardisk beserta penjelasannya : 

A. Platter

Platter adalah komponen inti pada harddisk , komponen inimemiliki bentuk  seperti piringan bulat, merupakan komponen cakram padat yang memiliki pola magnetis pada sisi permukaannya, sedangkan fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data.

B. Spindle

Komponen yang kedua adalah Spindle, komponen ini merupakan komponen yang memiliki peran yang sangat penting karena spindle merupakan poros tempat dimana platter diletakkan. Posor ini memiliki sebuah fungsi memutar pelat hard disk yang disebut dengan spindle motor. Nah spindle merupakan komponen yang bisa dijadikan tolak ukur apakah sebuah hard disk memiliki kualitas yang bagus atau tidak, karena semakin cepat putaran spindle semakin bagus pula kwalitas hardisknya dan sebaliknya. 

C. Head

Head adalah komponen hardisk yang yang memilki fungsi yang sangat penting karena komponen ini berperan untuk merekam informasi kedalam pelat, head terdiri dari 2 bagian yaitu head yang berada diatas permukaan dan satunya lagi terletak dibawah pelat.

D. Logic Board

Komponen logic board adalah papan pengoperasian hard disk karena pada logic board terdapat bios hardisk yang berfungsi untuk menghubungkan mainboard dengan hardisk, jadi ketika hardisk dihubungkan dengan motherboard(mainboard) maka secara otomatis hardisk dikenali.

E. Setting Jumper

Tanpa terkejuali setiap hardisk memilki settingan jumper yang memiliki fungsi sebagai kedudukan hardisk.

F. Actual Axis

Actual Axis adalah komponen berupa kabel penghubungkan antara hard disk dengan mainboard yang berperan untuk mengirim dan menerima data, komponen ini juga menjadi poros untuk pegangan  atau tangan robot agar head dapat membaca sector dari hardisk. 


0 Response to "Pengertian Harddisk Drive (HDD) berserta fungsinya"

Post a comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel