Cara Memaksimalkan Performa Windows 10 Sehingga Tidak Lemot

Goliketrik.com - Semenjak windows 10 di rilis pada Juni 2015 lalu, Sistem Operasi keluaran Microsoft ini telah mencuri perhatitian banyak orang terutama pengguna windows 8 kebawah hal ini dikarenakan tampilan windows 10 yang sangat memukau, selain itu sistem operasi ini juga membawa perubahan besar dibandingkan dengan pendahulunya. 

Namun tidak heran akhir-akhir ini banyak pengguna yang mengeluh karena komputer mereka sangat lambat sehingga menggangu kenyamannan mereka dalam bekerja, hal ini tentunya wajar karena seperi kita ketahui pada windows 10 banyak fitur yang belum familiar bagi penggunannya. 

Pada kesempatan ini seperti judul dari postingan ini yaitu "Cara Memaksimalkan Performa Windows 10 Sehingga Tidak Lambat" saya akan jelaskna kepada anda cara meningkatkan performa windows 10 sehingga anda nyaman untuk menggunakannya.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemat dan Lambat

Ketahui Penyebab Windows 10 Lambat/Lemot Dan Temukan Solusinya

Sebelum anda mengambil tindakan untuk meningkatkan performa windows langkah yang pertama adalah anda harus mengetahui apa sebenarnya penyebab komputer anda lambat/lemot dan kemudian temukan solusinya ,nah disini kami akan menjelaskan penyebab dan memberikan solusinya kepada anda, Untuk lebih jelas simak penjelasan dibawah ini

1. Pastikan Spesifikasi Komputer Anda Suport Dengan Windows 10

Mungkin hal ini dianggap sepela oleh pemilik komputer, karena keinginan dan ketidak tahuan tentang windows 10 tanpa perimbangan dan croscek spesifikasi minum , komputer/laptop mereka diinstal l dengan windows 10. nah jadi sebelum anda mengotak atik komputer anda, cek terlebih dahulu spesifikasi komputer karena spesifikasi yang tidak sesuai juga mempengaruhi performa windows 10, untuk windows 10 sendiri merekomendasikan spesifikasi sebagai berikut :


SPESIFIKASI MINIMUM WINDOWS 10
Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster compatible processor or System on a Chip (SoC)
RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
Hard Disk 32GB or larger hard disk
Graphics card: Compatible with DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
Display: 800x600

Nah Itu Spesifikasi Minimumnya, 

SOLUSINYA :
Jika spesiifikasi tidak memenuhi maka solusinya adalah, upgrade hardware seperti RAM, Hard Disk (Bisa Ganti Dengan SSD), dan Upgrade VGA Card

2. Hindari Penggunaan Aplikasi Ganda Yang Memiliki Fungsi Sama

Tidak sedit pengguna komputer yang tidak mempertimbangkan aplikasi apa saja yang akan diinstall dikomputer mereka sehingga yang terjadi adalah adanya aplikasi ganda, Aplikasi ganda yang saya maksud disini adalah aplikasi yang memiliki kegunaan sama. Contohnya  dalam penggunaan Antivirus jika anda telah menginstal Antivirus 360 Total Security tentunya anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi Avira atau antivirus sejenisnya seperti AVG, Kemudian jika anda telah menginstall aplikasi pembuka PDF seperti Nitro anda tidak perlu lagi menginstal Adobe Reder. Perlu anda ketahui jika anda menginstal aplikasi ganda maka kinerja komputer akan tergannggu karena penggunaan RAM dan Processor akan boros.

SOLUSINYA :
Pilih salah satu aplikasi yang benar-benar anda butuhkan dan kemudian Hapus/Uninstall Aplikasi yang menurut anda tidak Penting karena memilki kegunaan yang sama, Untuk Uninstall aplikasi anda bisa baca Panduannya DISINI

3. Cek Aplikasi Yang Berjalan Dibelakang Layar

Nah untuk kasus ini anda harus teliti karena anda perlu melihat aplikasi yang berjalan dibelakang layar, maksud dari berjalan dibelakang layar adalah, ada aplikasi nakal yang berjalan dan tidak ada tanda bahwa aplikasi tersebut berjalan. Aplikasi-aplikasi inilah yang menggangu kinerja komputer anda karena aplikasi tersebut menggunakan processor dan Ram tanpa anda ketahu.

SOLUSINYA :
Buka Taskmenager kemudian hentikan aplikasi yang berjalan dibelakang layar, dan temukan letak file aplikasi tersebut agar dapat dihapus secara permanen. Untuk cara  menghentikan dan menghapus aplikasi dibelakang layar lihat panduannya DISINI

4. Aplikasi Bawaan Yang Menyebabkan Windows 10 Lemot

Jika anda memperhatikan menu-menu bawaan windows 10  bisa anda lihat aplikas-aplikasi yang kita tidak tahu apa kegunaannya, tak tanggung tanggung aplikasi tersebut jumlahnya buka satu atau dua tetapi aplikasi bawaan windows tergolong cukup banyak. nah Aplikasi-aplikasi ini juga menjadi akar permasalahan lemotnya Windows 10 karena aplikasi ini juga akan mengguanakan RAM dan Processor sehinggal Chace akan menumpuk. 

SOLUSINY :
Untuk meningkatkan performa komputer anda, maka sangat disarankan untuk menghus aplikasi bawaan windows 10, dan perlu anda ketahui bawah cara menghapus aplikasi bawaan windows 10 berbeda dengan cara menghapus apliasi yang sengaja anda instaall karena aplikasi bawaan windows 10 tidak akan muncul pada Program Uninstall Windows jadi untuk menghpus aplikasi-aplikasi tersebut baca panduannya DISINI

5. Sampah/Cache Komputer Menumpuk 

Setiap anda menjalankan aplikasi dan atau melakuna browsing diinternet maka akan menyisahkan Cache, dan jika berlangsung lama maka cache tersebut akan menumpuk dan menjadi sampah yang kemudian akan mempengaruhi kinerja komputer anda. 

Solusinya :
Jalankan Cleanup Windows 10, atau install aplikasi haspus cache seperti CCleaner kemudian hapus Cache yang menumpuk.

6. Lemot Karena Ada Virus Jahat

Setelah poin satu sampai poin lima sudah anda lakukan namun tidak membuahkan hasil, bisa disimpulkan bawah kemungkinan ada virus yang menyerang komputer anda. hal ini bisa terjadi akibat kelalaian saat berselancar di internet sehingga virus jahat seperiti Virus Trojan, Spyware, Rootkit dan virus jahat lainnya. jadi masalah ini akan berdampak buruk bagi produktifitas windows 10 karena terinveksi virus.

SOLUSINYA :
Untu mengatasi virus yang membandal bersikan komputer anda dengan antivirus yang terpercaya seperti AVG, Avast, dan atau Antivirus bawaan windows 10. untuk rekomendasi antivirus silahkan cek DISINI

7. Komputer Lemot Karena Windows Corrupt/Rusak

Untuk poin ini disebabkan banyak kemungkin tapi biasanya disebab kan oleh poin no 6 yaitu diserang virus jahat dan bisa juga karena windows 10 yang anda gunakan belum pernah diupgrade semenjak diinstall sehingga banyaj Bug yang muncul. Nah masalah ini juga cukup serius karena biasanya komputer anda benar-benar tida dapat digunakan jika penangannannya terlambat.

SOLUSINYA :
Update Windows 10 dengancara masuk pada windows update, jika anda kurang yakin dengan update  Riset laptop, untuk Riset Laptop dengan Sistem Operasi Windows 10 bisa anda lihat DISINI

8. Masalah Lemot Tidak dapat Diatas dengan Poin 1-7

Nah Untuk poin terakhir, jika komputer anda tidak bisa diajak kompromi dengan cara 1-7 maka tindakan yang terakhir adalah Menginstal Ulang Komputer .

9. Penutup

Itu dia beberapa cara mengatasi komputer lemot untuk meningkatkan performa windows 10, cara diatas tentunya telah kami uji coba, namun jika cara diatas tidak membuahkan hasil sesuai dengan keinginan anda silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar atau hubungi kami lewat menu contact untuk menemukan solusi. 
Jadi cukup sekian dulu pembahasan kali ini, kami berharap artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini kepada yang membutuhkan. Terimakasih

0 Response to "Cara Memaksimalkan Performa Windows 10 Sehingga Tidak Lemot"

Post a comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel