Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Goliketrik.com - Dewasa ini internet menjadi salah satu teknologi yang menjadi kebutuhan, hal ini dikarenakan koneksi internet yang mencakup dunia sehingga banyak kemudahan-kemudahan yang diberikan. Salah satu contoh ketika anda ingin membeli jam tangan anda tidak perlu repot-repot pergi ke toko dengan adanya internet anda bisa memesannya secara online, Selain belanja secara online diinternet ada banyak hal yang dapat anda lakukan yang pastinya akan memudahkan pekerjaan anda.

Pengertian Internet, Sejarah Internet Dan Perkembangan Internet

Nah jadi bagi kamu yang penasaran tentang pengertian internet, sejarah serta perkembangan internet hingga saat ini, Silahkan Bacara artikel ini hingga selesai.

1. Pengertian Internet Seccara Umum

Secara umum pengertian internet adalah Jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit berinternet melakukan hubungan melalui jaringan internet". 

2. Pengertian Internet Secara Khusus

Setelah kita memahami pengertian secara umum, kita juga perlu memahami pengertian internet seccara khusus. Jadi secara khusu internet (Interconnection-networking)  adalah Jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di belahan dunia. Rangkaian jaringan yang saling terhung tersebut dinamakan Internet. 

3. Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Setelah kita memahami pengertian internet secara umum dan khusus, agar anda dapat mengambil kesimpulan tentang internet adabaiknya ada mengetahui Pengertian internet Menurut para ahli, dibawah ini kami sajikan pengtian internet menurut sudut pandang para ahli : 


A.Menurut Onno W. Purbo (2005)

Menurut Onno W.Purbo  (2005)Internet pada dasarnya merupakan sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail

B. Menurut Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Sedangkan Menurut Strauss, El-Ansary, dan juga Frost (2003). Mereka mengatakan bahwa  Internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer – komputer yang saling terhubung di dalam jaringan ini menyimpan dan juga memiliki beberapa file yang bisa diakses dan digunakan, , seperti halaman web, dan juga data lainnya yang bisa digunakan dan juga diakses oleh berbagai komputer yang saling terhubung dengan Internet.

C. Menurut Oetomo (2002)

Menurut Oetomo (2002) menyebutkan bahwa internet merupakan  dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain dunia.

D. Menurut Randall & Latulipe

Sedangkan Menurut Randall & Latulipe (dalam Nafisah, 2001) mereka mendefinisikan bawah apa yang kita kenal dengan nama internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer. Jadi, internet tak ubahnya merupakan sebuah jaringan global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer, yang bisa diakses dimana saja.

4. Sejarah Dan Perkembangan Internet

Setelah kita memahami dan memberikan kesimpulan tentang pengertian internet, kita juga perlu mengetahui sejarah dan perkembangan internet, Jadi Internet merupakan jaringan komputer yang pada awalnya  dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yaitu  pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yangpada saat itu  mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana pada saat itu mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer dengan system operasi berbasis UNIX.
Jadi Tujuan awal dibangunnya proyek tersebut  untuk keperluan Pertahanan Militer,  Pada saat itu Departemen Pertahanan mereka membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital yang tujuannya adalah untuk mengatasi masalah apabila  terjadi serangan terror berupa nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada awal perkembangannya  ARPANET hanya menghubungkan  situs beberapa situs yakni situs Stanford Research Institute, kemudian University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, di mana pada saat itu jaringan ARPANET  membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, kemudian dengan berkembanganya proyek ARPANET cara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama berselang proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung.

Dengan permintaan pasaar yang sangat banyak pada saat itu  ARPANET dibagi menjadi dua, yakni "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan warga sipil . dan kemudian gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian  disederhanakan dan hingga sekarang kita menyebutnya Internet.

5. Penutup

Nah itu dia pembahasan terkait pengertian internet, Sejarah dan perkembnagnnya. Jangan lupa untuk memberikan tanggapan pada kolom komentar, dan pastikan kamu share artikel ini ya. Terimakasih

0 Response to "Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya Hingga Saat Ini"

Post a comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel