5 Tips dan Cara Menabung Yang Harus Kamu Coba


5 Tips dan Cara Menabung Yang Harus Kamu Coba - Cara menabung yang benar perlu kamu ketahui supaya penghasilan kamu setiap bulan tidak hanya numpang lewat aja. Kamu tentunya tidak mau kan sudah capek-capek kerja tapi hasilnya tidak jelas karena salah pengelolaan uang. Memang sih itu kamu nikmati tapi akan lebih baik jika kamu bisa menyisihkan sebagian dari gaji kamu untuk disimpan. Karena kamu tidak tahu kebutuhan mendadak bisa saja datang kapan saja. Kalau misalnya kamu gak punya simpanan kan repot harus kocar kacir cari pinjaman. Syukur kalau ada yang mau kasih pinjam kalau tidak ada bagaimana?
Jika kamu sedang berusaha untuk menabung silahkan ikuti tips dan cara menabung yang tepat berikut ini. 

5 TIPS DAN CARA MENABUNG YANG TEPAT AGAR BISA MENABUNG 

1. TANAMKAN NIAT DALAM HATI 

Tips paling jitu cara menabung dengan benar yang pertama adalah niat yang timbul dari hati. Segala sesuatu yang kita mulai dari hati pasti akan menjadi prioritas utama dalam diri kita. Menurut Godo Tjahjono, SE, M Si, RFC, praktisi bisnis dan keuangan. Persentase yang harus ditabung atau saving ratio berkisar antara 10-50 persen, tapi paling ideal dilakukan di Indonesia yaitu 15%. Ini berarti jika kamu memiliki gaji 2 juta per bulan wajib kamu simpan sebesar 300 ribu. Bukan jumlah yang terlalu besar bukan dan kamu bisa melakukan ini secara konsisten tanpa mengganggu kebutuhanmu. Yang terpenting jika kamu sudah mampu menabung 300 ribu per bulan dengan gaji 2 juta selanjutnya gajimu bertambah maka seluruh kenaikan gaji dapat kamu simpan juga. Untuk itu dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh dan benar-benar dari hati agar bisa menabung sukses.

2. UTAMAKAN KEBUTUHAN BUKAN KEINGINAN 

Semakin bertambahnya penghasilan kebutuhan juga bertambah, itulah kebiasaan kita. Apakah memang seperti itu? Sebenarnya bukan, yang naik itu adalah gaya hidup bukan kebutuhan. Disini sangat penting kamu bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Sering kali banyaknya keinginan kamu menjadi penghambat untuk bisa menabung. Hindari membeli barang yang penyusutannya tinggi akan tetapi mulailah investasi. Karena dengan investasi uang kamu bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

 3. HINDARI PINJAMAN BILA TIDAK PENTING 

Menabung tidak akan berhasil bila kamu  memiliki kredit sana sini, jika belum saatnya memiliki suatu barang sebaiknya ditahan aja dulu. Tanpa kamu sadari bunga kredit itu sangat menguras keuanganmu apalagi dengan jangka waktu yang lama. 

4. SELALU BUAT CATATAN PENGELUARAN 

Pada saat baru gajian segeralah membuat daftar belanjaan yang akan kamu butuhkan selama satu bulan. Ini bisa menghindari lapar mata, terkadang jika kita pergi berbelanja yang kita beli bukanlah apa yang kita pikirkan di rumah tetapi menjadi hal lain yang menarik di mata. Untuk itu selalu lah buat catatan belanja dan buat taksiran harga sehingga pergilah belanja dengan uang yang pas. Hal ini juga bisa membantu kamu mengetahui berapa pengeluaran kamu setiap bulannya dan persenan tabungan kamu tidak akan terganggu. 

5. SELALU MEMBUAT TARGET ATAU TUJUAN YANG AKAN DICAPAI DALAM WAKTU DEKAT MAUPUN JANGKA PANJANG


Misalnya jika kamu ingin memiliki tabungan deposito minimal jumlah uang yang kamu butuhkan pertama kalinya sebesar lima juta. Hal yang pertama yang kamu lakukan adalah membuat target berapa lama uang itu akan kamu kumpulkan sehingga kamu tau berapa yang harus kamu simpan dalam satu bulan. Memiliki sebuah target akan sangat membantu kamu tetap konsisten dalam menabung.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa menabung dengan baik. Selalu ingat bahwa menabung itu bukan suatu sampingan tetapi menabung itu adalah keharusan, menabung itu adalah tujuan. Semoga kamu bisa menabung mulai sekarang ini yaa.

Penulis : Nova Irawati Sinaga

0 Response to "5 Tips dan Cara Menabung Yang Harus Kamu Coba"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel