Cara Mengunci Dan Memproteksi Pdf Agar Tidak Bisa di Copy Paste, Di Edit dan Diconvert

Goliketrik.com - Menbuat dokumen menjadi pdf sering kita lakukan agar dokumen lebih aman dan formatny tidak berubah saat dibuka dikomputer lain. Merubah sebuah dokumen menjadi PDF juga sering kita lakukan untuk Dokumen penting yang sifatnya rahasia dan atau dokumen yang memiliki hak cipta seperti Ebook. untuk melindungi dokumen tersebut sangat disarankan untuk memproteksinya dengan pasword agar terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Pada Kesempatan ini penulis akan berbgi bagaimana cara mengunci alias memproteksi file PDF dengan password sehingga dokumen tersebut tidak bisa di Convert, print, Copy dan Bahkan tidak bisa diakses.

Mengunci File PDF Dengan Password

Untuk mengunci file pdf dengan password ada 3 cara yang bisa kita lakukan yaitu :
  • Mengunci File Pdf Secara Online ( Gratis ) 
  • Mengunci File Dengan XChange Viewer Offline (Gratis) 
  • Mengunci File Pdf Dengan NitroPro Ofline ( Berbayar ) 
Dari ketiga cara diatas silahkan pilih cara yang menurut anda lebih mudah. untul lebih jelas bagai mana cara memproteksi dokumen pdf dengan password silhkan ikuti step by step.

Mengunci File PDF Secara Online

Mengunci Pdf secara online adalah cara yang sangat instan karena tidak perlu menginstall aplikasi dan cara ini  gratis, hanya saja anda perlu koneksi internet untuk melakukannya. pada artikel ini kita akan menggunakan layanan website yang memiliki fitur untuk mengunci PDF.  untuk lebih jelas bagaimana caranya. berikut langkah-langkah untuk memberikan password pada file Pdf secara online :

1. Buka WEBSITE INI (Klik)

2. Kemudian klik pada PILIH FILE > arahkan Ketempat Dimana Anda Menyimpan file PDFnya kemudian OPEN

Tunggu proses upload file hingga selesai. 

3. Isikan PASSWORD, kemudian ulagi password pada kolom kedua > ENKRIP PDF


4. Kemudian Download File pdf yang telah diberikan Password, klik UNDUH untuk mendownload file

5. Selesai

Mengunci File PDF Offline Dengan PDF- XChange Viewer 

Jika memanfaatkan layanan online tentunya fitur yang ditawarkan sangat terbatas, contoh jika anda ingin file anda tetap bisa dibuka tanpa harus harus memasukkan password maka cara diatas tidak akan bekerja. jadi kita harus menggunakan aplikasi PDF-XChange Viewer untuk mengatur proteksi. untuk lebih jelas perhatikan langkah-langkah dibwah ini :

1. Download Aplikasi XChange Viewer DISINI(Clik)

2. Extrak File rar Lalu Jalankan Aplikasi XChange Viewer  Aplikasi ini tidak perlu diinstal karena versi Portable. 

3. Setelah aplikasi XChange Viewer terbuka, klik FILE > OPEN cara file pdf yang akan di proteksi dengan password.


4. Setelah file PDF terbuka klik FILE > DOCUMENT PROPERTIES



5. Kemudin Klik pada SECURITY > pilih PASSWORD SECURITY


 

6. Dalam pemberian password, anda dapat melakukan custom. contoh Dokumen tersebut dapat dibuka tanpa harus menggunakan Password tetapi fungsi copy dan print di non aktifkan. pada tahap ini silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. 
  • Requere a Password to Open.... ( Jika Ini Dicentang maka saat Pdf dibuka otomatif meminta Password, jika tidak file PDF dapat dibuka tanpa harus memasukkan password )
  • Requere A password to change ...... ( Jika ini dicentang maka anda dapat mematikan fungsi printing dan editing, namun jika tidak mencentang maka File anda bisa diedit )
Disini kami memilih untuk tidak mencentang Requera a Password... tatapi kami mencentang Requere Apassword  Open ..... yang artinya File PDF tersebut bisa dibuka tanpa password tetapi saat ingin diprint atau diconvert otomatis meminta password, dan fungsi Edit tidak berfungsi.


6. Kemudian CTRL + S untuk menyimpan...
7. Selesai

Mengunci File PDF Offline Dengan Nitro PDF 

Sebenarnya jika anda menggunakan metode pertama dan kedua sebenarnya sudah pasti berhasil. namun jika anda memiliki aplikasi NitroPDF yang Premium anda bisa mengikuti langkah-langkah dibwah ini:

1. Buka File PDF anda dengan Aplikasi Nitro PDF
2. Kemudian Klik pada FILE > DOCUMENT PROPERTIES



3. Klik pada Tab SECURITY > pilih PASSWORD SECURITY

4. Kemudian ,

  • Centang Requere a password to open kemudian isikan password ( jika ini dicentang maka saat file pdf dibuka akan meminta password dan sebaliknya )
  • Requere To password to change ( Jika ini diaktifkan maka dokumen PDF akan meminta pasword pada saat dokumen akan diprint dan fitur ini akan menon aktifikan fungsi edit seperti copy, paste, save, undo, ando dan beberapa fungsi lainnya)

Untuk mengakhiri pengaturan klik Finish

5. Untuk menyimpan Passwor yang telah anda buat silahkan tekan CTRL + S


Kemudian untuk menguji file PDF anda telah diamankan dengan kata sandi/ password silahkan buka kembali file PDF anda

Jika berhasil maka setiap anda membuka file PDF otomatis meminta password. dan fungsi Copy, Save dan print tidak dapat digunakan.

Itulah Cara Mengunci Dan Memproteksi Pdf Agar Tidak Bisa di Copy Paste, Di Edit dan Diconvert yang dapat penulis share kepada anda. jika terdapat kekeliruan dalam artikel ini silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Terimakasih


0 Response to "Cara Mengunci Dan Memproteksi Pdf Agar Tidak Bisa di Copy Paste, Di Edit dan Diconvert"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel