Berita Asli Atau HOAX? Ini Cara Cek Keaslian Sebuah Berita

Goliketrik.com - Diera yang serba internet seperti saat ini, untuk mengakses internet bukan lagi hal yang sulit. seperti yang kita ketahui bahwa untuk mengakses internet cukup menggunakan smartphone. dengan kemudahan mengakses internet banyak orang yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang negatif seperti membuat Berita HOAX. Merujuk pada KBBI Berita HOAX adalah berita Bohong. berita bohong itu sendiri dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan berita tersebut seolah-olah benar adanya.  Jadi agar terhindar Dari berita Hoax penulis akan merangkum 5 Cara Cek keaslian sebuah berita :

Cara Cek Berita Hoax Atau Asli

1. Cek URL Berita

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah Cek URL berita, apakah menggunakan Sub Domain dan Domain Gratis, jika menggunakan subdomain dan Domain Gratis maka berita tersebut sedikit diragukan karena Media Berita  yang memiliki dasar hukum biasanya tidak menggunakan sub domain gratis dan Domain Gratis. subdomain dan Domain gratis yang penulis maksud contohnya :

Media Berita Menggunakan Sub Domain Gratis
  • www.beritahoax.blogspot.com
  • www.beritahoax.wordpress.com
  • www.beritahoax.tumblr.com
  • www.beritahoax.weebly.com
  • Dsb
Media Berita Menggunakan Domain Gratis
  • www.beritahoax.tk
  • www.beritahoax.ga
  • www.beritahoax.cf
  • www.beritahoax.ml
  • dsb

Untuk mengejek URL, kamu bisa melihat Tulisan pada berita yang dibagikan. untuk contoh, penulis cek berita yang ada di Facebook.
Sumber : news.detik.com


2. Verifikasi Sumber Di Internet

Jika Dengan Cek URL belum akurat untuk mengetahui berita tersebut HOAX atau Berita Real. anda bisa memverifikasi sumber dengan cek di pencarian google dengan cara, Mengetikkan "Judul yang akan dicek kemudian dibelakang judul ketik Hoax" Jika berita itu hoax maka akan banyak media yang membahas berita tersebut.

3. Cek Keaslian Gambar Yang Digunakan

Berita Hoax tentunya menggunakan gambar yang diambil dari sembarang sumber. jadi kamu bisa cek gambarnya langsung menggunakan Goole Image. tetapi terlebih dahulu simpan foto dari berita ke smartphone atau komputer kamu.  untuk mengakses google image silahkan klik Link Dibawah Ini 


kemudian upload Foto. dengan cara klik icon Camera > Choose Files dan arahkan dimana anda menyimpan foto. 




Setelah gambar terupload otomatis gambar diidentifikasi oleh google dan kemudian google akan menampilkan Website yang pertama mengupload gambar tersebut, kemudian cari tahu tentang website yang menampilkan gambar yang dimuat pada berita.



4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk menguji keaslian berita yang sedang anda baca, anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. seperti Hoax Analizer atau Aplikasi Copyscape. karena aplikasi tersebut mampu untuk menganalisa keaslian sebuah berita.


5. Perhatiakan Judul Berita

Sebelun anda membaca sebuah berita ada baiknya anda memperhatikan judul berita tersebut. pastikan berita yang anda baca tidak menggukan judul yang janggal seperti "Viralkan" "Sebarkan" dan  beberapa kalimat ajakan janggal lainnya.




Itulah Cara untuk cek sebuah berita apakah Hoax atau Asli yang dapat penulis sajikan. Jika kamu memiliki cara yang lebih jitu untuk cek berita hoax jangan lupa tinggalkan pesan pada kolom komentar agar artikel ini dapat diperbaharui.

Artikel ini penulis bagikan agar kita lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi sebuah berita, dan tidak sembarang share. Demikian lah artikel ini saya bagikan semoga berita ini bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Berita Asli Atau HOAX? Ini Cara Cek Keaslian Sebuah Berita"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel