Cara Install Windows 7 lengkap dengan gambar dan mudah dipahami

Cara Install Windows 7 lengkap dengan gambar dan mudah dipahami - Windows 7 adalah sistem operasi yang dirilis pada 22 oktober 2009 oleh Microsoft, windows 7 adalah versi windows yang terakhir yang menggunakan menu start setelah windows Vista. dengan hadirnya windows 7 membwa dampak postif kepada pengguna windows Vista sebelumnya karena pada windows 7 sangat banyak fitur tambahan.

Jik anda ingin melakukan install windows 7 anda tidak perlu membawa kompute/laptop anda ke Service Komputer anda dapat menginstallnya sendiri, karena untuk menginstal windows 7 bukan lah hal yang sulit.

pada artikel kali ini goliketrik akan memandu anda untk menginstall windows 7, namun sebelum kita melanjutkan ketahap install windows 7 ada baiknya kita ketahui syarat minimal spesifikasi komputer untuk install windows 7 untuk mengetahuinya silahkan baca artikel kami yang berjudul " Spesifikasi Komputer atau Laptop untuk Instal windows 7 " jika anda telah mengetahui spesifikasi untuk install windows 7 selanjutnya kita harus mempersiapkan alat dan bahan untuk menginstal windows 7.

Alat Yang Dibutuhkan

1. Flasdisk/DVD Minimal 4gb 

Bahan Yang Dibutuhkan
1. File Iso Windows 7 
2. Aplikasi Rufus (untuk membuat Bootable Windows 7)
3. Driver Komputer anda ( Optional)

Jika anda telah memiliki perlatan dan bahan yang diatas selanjutnya adalah jadikan flasdis dengan ukuran minimal 4gb menjadi bootable windows menggunakan aplikasi rufus, Jika anda telah memiliki bootable windows anda bisa langsung masuk ketahap install windows 7, dan jika belum anda dapat membaca artikel kami yang berjudul " Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 Dengan Rufus ". jika bootable windows 7 anda telah selesai selanjutnya kita akan mesuk kepada tahap install. ada 3 tahapan yang harus kita lalui dan sangat perlu kita perhatikan untuk install windows 7 yaitu :

I. Mengatur Boot 
II. Mengatur Partisi Harddisk
III. Proses Instal Windos 7

itu lah 3 tahap yang harus kita lalui untuk menginstal windows 7 , baik untuk mempersingkat waktu kita akan memulai tahapan-tahapannya.

I. Mengatur Boot 

Mengatur boot komputer/laptop sangat perlu dilakukan untuk mengarahkan boot awal ke flasdisk atau DVD. untuk mengatur boot awal kita harus masuk pada menu bios.
untuk masuk ke menu bios kita bisa menekan F2 dan perlu anda ketahui bahwa untuk masuk kemenu bios berbeda-beda sesuai dengan merek komputer/laptop anda. cara untuk masuk menu bios.

1. Hidupkan  Komputer/laptop anda

2. Tekan F2 Secara terus menerus saat muncul tampilan seperti dibawah ini


Catatan : Beberapa laptop/komputer memiliki tampilan yang berbeda dan cara masuk menu Bios terkadang menekan kombinasi tombol Fn + F2 , F1, Kombinasi ALT + Delate dll. atau lebih jelas silahkan baca artikel kami yang berjudul " Cara masuk Menu Bios Semua Merek Laptop".

3. Kemudian akan tampil menu BIOS, gunakan tombol navigasi kiri dan kanan untuk berpindah ketab menu. 


4. Masuk Ke Tab Menu Boot Kemudian Atur posisi Boot, Perhatikan Item Spesifik Help untuk mengetahui cara memindahkannya. 


5.  Pastikan Posisi CD-Rom Driver berada diposisi atas jika anda ingin menginstall windows 7 lewat CD/DVD dan Jika anda ingin menginstall lewat flasdisk pastikan posisi USB Driver Berada diatas.

6. Jika posisi boot sudah seperti gambar diatas maka selanjutnya adalah menyimpan konfigurasi yang telah kita lakukan cara masuk pada Tab Menu Exit lalu enter pada Exit Saving Changes. 


7. Kemudian Tekan Enter atau sembarang tombol jika muncul tampilan seperti dibawah ini


II mengatur Partisi Harddisk

Pada tahapan ini ada harus extra hati-hati apalagi jika terdapat data-data pada localdisk D, jadi saran kami agar anda benar-benar memperhatikan lagkah-langkah dibawah ini.

1. Tampilan awal setelah anda tekan enter adalah, pengaturan bahasa. Pada tahap ini anda tidak perlu mengatur apapun anda tinggal Klik pada "NEXT"


2. Kemudin Selanjutnya Klik " INSTALL NOW


3. Selanjutnya akan ada tampilan Lisensi oleh Microsoft centang pada " I Iccept the lisensi terms" kemudian "NEXT"


4. Selanjutnya anda akan disuguhkan dia pilihan yaitu upgrade dan custom, karena kita ingin menginstall ulang maka pilih " Custom (Advanced) ".


5. Langkah berikutnya dan langkah yang paling penting, adalah peengaturan Pengaturan Partisi Harddisk, pada langkah ini akan tampil beberpada partisi. pada tutorial ini pada laptop yang seang kami instal ada 3 partisi yaitu, partisi 1, 2, dan 3 Partisi 1 dan 2 adalah partisi yang di alokasikan untuk OS Sebelumnya kemudian partisi 3 adalah partisi Penyimpanan File (Local Disk D), Maka yang harus kita lakukan adalah menghapus partisi 1 dan 2 perthatikan gambar dibawah ini. 

-  Klik pada partisi 1 Dan Klik Pada Drive Options (Advenced) kemudian Klik "Delate" kemudian " OK "



- Kemudian Selanjutnya Delate Partisi 2, Cara sama seperti diatas Yaitu Klik pada partisi 2 kemudian Klik " Delate " Dan "OK"


- Kemudian akan akan ada 2 partisi yang tinggal yaitu partisi yaitu partisi 0 unallocated Space Dan partisi  1. pda tahap ini pilih partisi yang pertama yaitu " partisi 0 unallocated Space " Kemudian Klik " NEW "  kemudian akan otomatis Size Terisi "Kemudian Klik " Apply" dan " OK "



- Selanjutnya klik pada partisi 2 dan Klik Next untuk lanjut penginstalan 


III. Proses Penginstal Windows 7

Jika tahapan diatas telah benar anda lakukan maka akan masuk pada tahap Instal Windows, tunggu beberapa saat hingga semua item terceklis Biru, proses ini mungkin akan membutuhkan waktu cukup lama. 

1. Proses Instal, Tunggu hingga selesai 


2. Kemudian selanjutnya Restart silahkan klik pada "Retart Now" 


3. Jika Muncul tampilan seperti dibawah dibiarkan saja, hing tampil layar windows "setup is Starting Services " dan kembali pada menu instal windows





3 . Kemudian komputer akan Restart lagi dan biarkan saja
4.  Hingga tampil seperti dibawah ini 

5. Kemudian silahkan nama USER komputer anda ( Bebas sesuai dengan keinginan anda )


6.  Kemudian kosongkan Password kemudian "Next"


7. Kemudian pada pengisian Produck Key hilangkan centang pada " Aoutomatically Activate Windows..... " kemudian klik pada " Skip" 


8. Langkah berikutnya Klik pada "Ask Me Later"


9. Langkah selanjutnya atur Time zone sesui seperti dibawah ini


10. Kemudian Klik Pada "Publick Network" dan tunggu beberapa saat 



11. jika tahapn diatas telah anda lakukan secara bernar maka windows akan berhasil terinstal dan tampilan awal windows akan seperti dibawah ini.


12. Selesai

Itulah langkah demi langkah untuk menginstall windows 7. jika anda mendapat masalah saat melakukan install windows 7 pada komputer/laptop anda silahkan meninggalkan komentar, demikian lah Cara Install Windows 7 lengkap dengan gambar dan mudah dipahami, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.


0 Response to "Cara Install Windows 7 lengkap dengan gambar dan mudah dipahami"

Post a comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel