5 Tips Paling Ampuh Agar Hidup Kita Merasakan Bahagia Nomor lima paling sering kita lakukan

5 Tips Paling Ampuh Agar Hidup Kita Merasakan Bahagia Nomor lima paling sering kita lakukan - Sejatinya setiap orang yang hidup di dunia ini pasti menginginkan kabahagiaan atau bisa dikatakan bukan sekedar keinginan, tapi kebutuhan setiap pribadi. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa sampai orang tua sekalipun pasti ingin yang namanya bahagia. Bahkan sering kita dengar masa kecil kurang bahagia, mengapa muncul kalimat seperti itu dikala kita beranjak dewasa. Inilah yang dimaksud bahwa bahagia itu dibutuhkan oleh setiap orang dari lahir sampai menua nanti.
Nah, berbicara tentang bahagia apakah kebahagiaan itu bisa datang sendiri atau apakah kebahagiaan itu kita yang buat? Pertanyaan ini sering muncul ketika kita sedang beranjak dewasa. Membahagiakan atau dibahagiakan? Ketika kita kecil mungkin kebahagiaan yang kita dapat adalah berupa kebahagiaan yang diberikan oleh orang tua kita. Misalnya ketika kita dibelikan baju baru yang sangat bagus, hal itu merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi kita.

Akan tetapi seiring bergulirnya waktu dan kita pun semakin dewasa, apakah kebahagiaan yang kita butuhkan hanya ketika dibelikan baju baru? Bahkan seiring bertambahnya usia maka permasalahan hidup pun semakin bertubi-tubi. Tak sedikit orang yang berputus asa ketika menghadapi kerasnya kehidupan mulai dari masalah keluarga, sekolah, pekerjaan, persahabatan sampai dengan hubungan percintaan dan masih banyak lagi masalah-masalah lainnya. Dengan demikian apakah kita bisa selalu bahagia menjalani kehidupan? Bisakah kita sambil menghadapi masalah yang begitu berat sambil bahagia. Semua itu tergantung setiap pribadi yang menghadapinya, ada yang mampu dan ada juga yang tidak sanggup sampai berujung depresi. Nah, untuk mengatasi hal-hal buruk yang mungkin bisa terjadi saat kita menghadapi masalah berikut 5 tips untuk menjadi bahagia:

1. Bersyukur 


Bersyukur adalah salah satu cara terampuh untuk kita bisa merasa selalu bahagia. Apa pun yang terjadi, seberat-beratnya beban yang sedang kamu tanggung bila kamu mampu untuk bersyukur maka hatimu akan tetap lega dan tetap merasa bahagia menghadapi masalahmu. Maksud dari bersyukur ini bukan berarti ketika kita tertimpa masalah kita bilang ya Tuhan aku bersyukur mendapat masalah ini dan aku bahagia. Mungkin tidak seperti itu tetapi lebih kepada pengharapan yaitu seberat apa pun masalahmu tetap yakin kamu mampu mengatasinya dan akan berakhir dengan bahagia. Kamu yakin dengan masalah itu kamu bisa menjadi pribadi yang lebih kuat dan yang mampu bersyukur dalam keadaan apa pun maka setelah masalah itu terselesaikan kamu akan merasakan bahagia yang luar biasa. 

2. Jadilah diri sendiri


Menjadi diri sendiri sering kita dengar dari berbagai nasehat baik dari orang tua, guru maupun teman sahabat kita. Namun apakah kita sudah sepenuhnya menjadi diri sendiri? Maksudnya disini adalah jadi diri sendiri yaitu kita bisa menerima diri kita sebagaimana adanya, apapun kelebihan dan kekurangannya kita dapat terima dan yang terutama kita dapat menyeimbangkannya. Kurangi membandingkan diri kita dengan orang lain dan selalu berusaha memperbaiki kekurangan itulah yang bisa membuat kita merasa bahagia. Karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna dan harus selalu kita sadar bahwa kekurangan dan kelebihan itu selalu berjalan berdampingan. Dengan kita bisa menyadari itu semua maka kita pun akan merasa bahagia dengan diri kita sendiri. 

3. Sekecil apa pun tetap berbuat baik


Apa dan bagaimana pun kondisimu tetap lah berbuat baik meski itu hanya perbuatan kecil karena hal itu memiliki dampak yang besar untuk kamu bisa merasakan bahagia dan puas dengan diri kamu sendiri. Tidak harus dengan melakukan tindakan yang dilihat orang lain tapi perbuatan baik itu dapat kamu lakukan terhadap diri kamu sendiri. Misalnya ketika kamu bangun dan merapikan tempat tidurmu sendiri sebelum memulai aktivitas lain itu sudah merupakan perbuatan baik yang bisa membuat kamu merasa bahagia menjalani harimu. 

4. Me time


Berbicara tentang me time terkadang memang sedikit sulit. Tetapi untuk menjadi bahagia kita harus meluangkan waktu untuk diri sendiri di tengah-tengah kesibukan kita walau hanya sebentar. Misalnya pada akhir pekan kita meluangkan waktu untuk berolahraga, meninggalkan segala gadget dan mengavaluasi diri sendiri. Hal ini boleh kita lakukan dirumah maupun diluar rumah yang penting pada saat me time ini adalah berdamailah dengan diri sendiri.  Ketika kita sudah berdamai dengan diri sendiri maka kita akan merasakan bahagia yang luar biasa yang mungkin sebelumnya belum pernah kita rasakan. 

5. Kurangi stalking akun medsos teman, apalagi mantan


Nah, untuk yang terakhir ini mungkin agak sepele tetapi hal inilah yang paling sering kita lakukan di tengah-tengah jaman yang semakin canggih ini. Tanpa kita sadari stalking media sosial dapat merusak mood dan bahagia kita bahkan hal ini dapat menyebabkan depresi. Alangkah lebih baik jika kita tetap menjalani kehidupan kita tanpa menoleh kebelakang apalagi untuk hal-hal yang buruk. Fokus pada masa depan dan tetap melakukan hal yang positif itu dapat membuat merasa bahagia dengan diri sendiri.
            Baiklah itu adalah 5 tips yang bias kami berikan untuk bisa menjadi bahagia semoga apa pun keputusan yang kita lakukan dapat berujung dengan bahagia. Dan ingatlah selalu hal ini “ bahagia itu bukan tentang apa yang orang lihat, bahagia itu adalah apa yang kamu rasakan. Bahagia itu tujuan, bahagia itu cita-cita, bahagia itu tiap hari. Bukan tentang sebahagia apa kamu terlihat tapi seberapa ikhlas kamu menjalani hari-hari mu....” 

Penulis : Nova Irawati Sinaga

0 Response to "5 Tips Paling Ampuh Agar Hidup Kita Merasakan Bahagia Nomor lima paling sering kita lakukan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel