Pengertian dan Pengenalan Microsoft Word

Pengenalan Microsoft Word - Sebelum melanjut ketahapan lebih jauh tentang Microsoft word tentu  anda harus mengenal Microsoft word terlebih dahulu, karena dengan mengenal Microsoft word mulai dari dari awal rilis hingga Microsoft word popular seperti saat ini akan menambah pengetahuan kita. namun sebelum masuk dalam pengenalan microsoft word mari kita bahas pengertian microsoft word.

1. Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) merupakan software pengolah kata andalan Microsoft. 

2. Mengenal Versi Awal Microsoft Word

Microsoft Word Pertama kali  diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk system operasi Xenix, seiring dengan berkembangnya sistem operesasi komputer kemudian Microsoft mengembangkan versi lainnya untuk sistem operasi yang yang ada. Microsoft word kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft word untuk versi DOS (1983), untuk Apple Macintosh (1984), untuk SCO UNIX, OS/2, dan untuk versi Microsoft Windows (1989). Selanjutnya setelah Multi-tool word menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Sedangkan pada Office 2013, Namanya dinamakan Word.

Dengan Banyak ide dan konsep Word diadobsi dari Bravos, salah satau software pengolah kata berbasis grafik yang dikembangkan dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Adapun mengembangkan Bravo, yaitu Charles Simonyi, setelah meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981 Simonyi kemudian menggaet Richard Brodie dari PARC. Kemudian setelah simonyi menggaet Ricahard brodie pada 1 Februari 1983, Multi-Tool Word kembali dikembangkan. 

Setelah diberi nama baru yaitu  Microsoft Word, Microsoft  merilis program ini  Microsoft wordpada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu software yang menguasai pengolahan kata adalah WordPerfect dan WordStar. Karena Word memiliki konsep adalah "What You See Is What You Get" atau WYSIWYG,Yang merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada komputer IBM. Pada saat yang sama paket Word-with-Mouse sangat jarang ditemukan seperti  Word processor berbasis DOS , WordStar dan WordPerfect,yang hanya menampilkan  teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.

Sedangkan Word untuk system operasi Macintosh, walaupun memiliki perbedaan dari segi tampilan dari versi DOS, yang diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang dirancang untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, walaupun belum ada produk seperti itu yang beredar dipasaran untuk publik. Kemudian Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Selanjutnya Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut menjadi perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Pada saat itu Microsoft tidak menyediakan Word 2.0 untuk Macintosh, hal tersebut untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi pengembanagn selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah versi Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini memiliki banyak peningkatan dan fitur baru namun memiliki banyak bug. Dalam beberapa bulan setelah merilis versi word 3.0, Microsoft kemudian mengganti versi Word 3.0 menjadi versi Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Kemudian pengguna terdaftar dari versi Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan versi Word 3.01 yang dibagikan secara free, sehingga  hal ini menjadi kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Kemudian Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

itulah penjelasan yang dapat kami paparkan, adapun penjelasan kami paparkan adalah awal mulai perkembangan microsoft word hingga microsoft word dikenal oleh masyarakat umum. demikian lah artikel ini kami sampaikan semoga dengan dengan disajikan artikel ini dapat membantu anda untuk belajar microsoft word. 

0 Response to "Pengertian dan Pengenalan Microsoft Word"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel