Cara membuat spanduk dengan CorelDraw

Cara membuat spanduk dengan CorelDraw -  Spanduk adalah sebuah media cetak berupa kain dan atau sejenisnya yang memuat logo, simbol dan pesain lain, yang segaja dibuat dan ditempatkan pada temapat umum atau lokasi yang strategis agar informasi yang di muat pada spanduk tersebuat tersampaikan kepada pembaca. spanduk sendiri memiliki ukuran yang bervariasi dan didesain dengan software pengolah vector seperti CorelDraw, Adobe Primier , dll. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat spanduk dengan menggunakan software pengolah vector yang cukup populer dan mudah digunakan yaitu CorelDraw. namun sebelum memulai mendesain ada beberapa syarat yang harus anda ketahui yaitu :

1. Mengetahu ukuran Spanduk 

Sebelum memulai desain spanduk hal yang pertama yang harus anda ketahui adalah ukuran spanduk, karena jika anda mendesain spanduk tidak sesuai dengan ukuran pesanan maka spanduk yang anda desain tidak ada artinya setelah didesain dan  kemungkinan akan mendesain ulang. tanyakan lah kepada sipemesan dan jika anda ingin gunakan untuk kebutuhan pribadi, ukurlah panjang dan lebar lokasi yang hendak dipasangai spanduk. 

2. Melengkapi Bahan Spanduk

JIka telah mengetahui ukuran spanduk yang akan didesain selanjutnya lengkapi bahan spanduk, disini bahan yang diperlukan adalah logo, foto terkait dan simbol-simbol tertentu yang anda peroleh dari sipemasan spanduk. 

3. Menentukan Komposisi Warna Spanduk

Jika anda telah melengkapi bahan spanduk kemudian selanjutnya adalah menentukan komposisi warna, hal ini sangat penting karena kesalahan dalam menentukan komposisi warna akan berdampak kepada hasil desain yang tidak profesional. tanyakan lah kepada sipemesan spanduk, warna apa saja yang dikehendaki biasanya komposisi warna disesuaikan dengan logo.

4. Menentukan Font dan warna font

Syarat yang keempat adalah menentukan font dan warna font. tentu hal ini juga sangat vital karena kesalahan memilih font dan warna font bedapak spanduk desain tidak terbaca. gunakan lah font yang standar, kemudian sesuai warna font dengan background jika backgrund gelap gunakan warna font yang terang dan sebaliknya. 

5. GunakanPC/ Laptop yang memadai

Hal yang terpenting adalah menggunakan PC/laptop yang memadai, karena jika pc/laptop anda spasifikasinya rendah maka akan menganggu kelancaran anda dalam proses desain. jadi gunakan lah pc/laptop yang memiliki spesifikas yang memadai. sperti RAM Mininal 2gb. 

Jika syarat diatas telah anda penuhi selanjutnya kita akan memulai tahapan desain dan pastikan anda telah menginstal apalikasi CorelDraw disini kami menggunakan CorelDraw x5, dan jika sudah  mengistal aplikasi CorelDraw silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini. 

1. Menentukan Ukuran
Pada tutorial kali ini kami menggunakan ukuran 5m x 1m, dan spanduk yang kami desain adalah spanduk untuk keperluan kampanye, yaitu spanduk caleg PDIP. perhatikan cara menentukan lembar kerja dibawah ini:

-  Buka CorelDraw
-  Ubah Satuan Menjadi Cm
-  Isikan Width 500cm dan Height 100 cm ( Sesuaikan dengan kebutuhan )



2. Membuat Bacground. 
setelah membuat lembar kerja Langkah kedua adalah membuat backgrud, disini karena logo dari PDIP memiliki komposisi warna yang dominan merah maka backgroun yang akan kami gunakan menggunakan warna merah. perhatikan langkah-langkah dibawah ini untuk membuat bacground spanduk. 

 a. Membuat Objek Persegi panjang

- Klik pada Rectangle Tools yang ada pada toolbox
- Buat lah objek persegi panjang dengan ukuran 500cm x 100cm pada proprty bar
- Tekan Pada keybord untuk menempatkan persegi panjang yang anda buat barusan tepat ditengah lebambar kerja.


b. Membuat Background Spanduk
Karena sebelumnya kami telah mendesain background spanduknya jadi pada tahap ini kami tinggal import Background spanduknya cara nya cukup mudah perhatikan langkah-langkahnya dibawah ini.
- Import Gambar Background ( anda dapat mencari di google), Klik pada IMPORT pada property bar kemudian import file backgrund.


- Sesuaikan Ukuran gambar yang baru saja anda import



3. Import Photo dan Simbol-simbol yang dibutuhkan

tahap ketiga import photo dan simbol simbol yang dibutuhkan, karena berhubung pada contoh ini yang kami desain adalah spanduk kampanye PDIP maka yang dibutuhkan adalah gambar dari caleg dan logo PDIP. nya cukup mudah perhatikan cara dibawah ini.

- Klik IMPORT Pada property bar

- Letakkan Foto dan Simbol yang barusan anda import dan rapikan letaknya.



4. Membuat Teks Spanduk Dan Memilih Font dan Warna

- Klik Teks Tools

- Tentukan Font yang dgunakan dan sesuaikan ukuran

- Pilih warna dengan cara (Klik Kiri untuk mewarna bagian dalam teks sedangkan klik Kanan untuk mewarna Outline Teks) gunakan warna font terang jika warna backgroud gelap dan gunakan warna font gelap jika backgroun terang, kurangngi penggunaan Outline agar hasil desain terlihat profesional.


- Isikan teks sesuai dengan permintaan pemesan dan rapikan letak teks yang anda buat.




5. Export Hasil Desain Ke JPG
Jika anda telah membubuhi spanduk yang sedang anda desain dengan teks dan warna teks yang cocok selanjutnya adalah export hasil desain ke JPG. caranya cukup mudah perhatikan cara dibawah ini

- Klik pada export pada property bar

- Tentuk Nama

- Tentukan Save As Type Ubah Menjadi JPEG kemudian klik EXport

- Kemudian tahap selanjutnya klik Ok
6. Selesai
Jika anda telah sampi pada tahap ini anda telah selesai mendesain spanduk dibawh ini adalah hasil dari spanduk yang telah didesain.



Itulah Tutorial cara membuat spanduk dengan coreldraw, semoga dengan tutorial ini anda dapat membuat spanduk pada coreldraw. apabila contoh diatas belum jelas anda dapat meninggalkan komentar agar tutorial diatas dapat kami perbaharui.

Demikian artikel ini kami sajikan, semoga bermanfaat. dan jika anda membutuhkan file dari spanduk yang kami desain silahkan meninggalkan komentar dan jangan lupa meninggalkan email agar kami mengirim file CDRnya ke email anda.

Terimakasih

0 Response to "Cara membuat spanduk dengan CorelDraw"

Post a comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel