Mengenal Jenis-jenis Kabel Jaringan Beserta Fungsinya


Mengenal Jenis-jenis Kabel Jaringan Beserta Fungsinya  - Berjumpa kembali di blog GOLIKETRIK pada artikel kali ini kami akan membahas tentang kabel jaringan, Kabel jaringan adalah prangkat keras berupa media transmisi berbentuk kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih untuk saling terhubung, dan dapat saling berkominikasi  antar computer yang satu dengan yang lain.
Kabel jaringan sendiri memiliki beberapa jeni dan tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda.
Adapun beberapa jenis kabel yang kami maksud adalah

1. Kabel Coxial

2. Kabel Twisted Pair

3. Dan Kabel Fiber Optik.

Keempat jenis kabel diatas digunakan tergantung pada jenis topologi jaringan yang digunakan. Untuk lebih mengenal dan memahami tentang kabel jaringan, silahkan simak penjelan dibawah ini dengan baik.

B. Kabel Coaxial

Kabel coaxial adalah kabel yang digunakan untuk media transmisi yang sering kita jumpai untuk meghubungkan televisi dengan perangkat antenna, namun ternyata kabel yang satu ini juga digunakan untuk membangun jaringan computer, menjadi media transmisi untuk menghubungkan jaringan ke initernet, dan sebagai media transmisi untuk jalur Radio. Perlu anda ketahui bahwa kabel Coalsial adalah media transmisi Signal Elektrik denga Frekuensi Tinggi yang disalurkan melalui inti core tunggalnya.


Jika sepintas anda melihat kabel ini berbentuk bulat, namun jika anda mengupas kabel ini maka anda dapat melihat beberapa lapisan penyusun dan pastinya setiap lapisan memiliki peran yang berbeda beda. Adapun lapisan penyusun dari kabel ini antara lain.

1. Dielectric Insulator
Dielectric Insulator adalah lapisan pertama kabel coaxial lapisan ini berfungsi untuk melindungi inti core dan mencegah crosstalk

2. Matallic Shield

Metallic shield adalah lapisan kedua setelah Dielectrik insulator, lapisan Metallick Shield berperan untuk mencegar gangguan electromagnetic yang bersumber dari luar yang dapat mengganggu signal data, Matallic juga berperan untuk mencegar terjadinya kebocoran Signal, metallic shield memiliki dua macam bentuk, yaitu bentuk serat seperti anyaman kabel dan bentuk foil.

3. Plastic Jacket

Plastic Jacket adalah bagian terakhir dari lapisan kabel coaxial, lapisan ini berperan untuk melindungi kabel dari kelembapan dan melindungi kabel dari lingkungan sekitar.
Itulah lapisan-lapisan yang ada pada kabel coaxial, perlu anda ketahui bahwa coaxial sangat popular pada tahun 1920 an hingga 1990, kabel coaxial sendiri memiliki dua jenis yaitu

- Thinet Yang menggunakan Standard 10BASE2

- Dan Thicknet Dengan Standard 10BASE5

Namun saat ini coaxial tidak lagi digunakan untuk jaringan komputer hal ini disebabkan karena bentuk kabel coaxial yang sangat kaku sehingga saat melakukan pemasangan dan perawatan akan sangat sulit, maka kabel coaxial digantikan oleh kabel Twisted Pair.

B. Kabel Twisted Pair

Kabel jenis twisted pair adalah jenis kabel jaringan yang samapai saat ini masi popular  Kabel jenis ini telah menggantikan peran dari kabel coaxial dalam membangun ja ringan komputer karena kabel twisted pair memiliki kecepatan, kehandalan serta kemudahannya dari kabel jenis twisted pair bila dibandingkan dengan kabel jenis coaxial.


Kabel twisted pair terdiri dari delapan buah kabel dan setiap kabel memiliki warna unik yang dililit sacara berpasang- pasangan, hal ini bertujuan untuk mengurangi induksi dan kebocoran pada kabel.
Kabel jenis twisted pair memiliki berbagai macam jenis kategori dengan kemampuan transmisi data yang berbeda, kategori twisted pair yang terbaru adalah CAT 7 dengan kecepatan yang sangat maksimall untuk mentransmisikan data dengan kecepatan 10Gbps.

Berdasarakan jenisniya Kabel twisted pair memiliki dua jenis standar yang sudah ditetapkan oleh industri, masing-masing jenis tersebut tentu memiliki kelebihan tersendiri.
Adapun jenis kabel twisted pair adalah sebagai berikut :

1. Shield Twisted Pair (STP)

Shield  Twisted  Pair  adalah  jenis  kabel  yang memiliki  shield  yang  berfungsi untuk melindungi kabel  dari gangguan elektromagnetik. Berarakan harganya Kabel jenis ini memiliki harga yang lebih m ahal dari jenis  UTP hal ini disebabkan karena kabel  dilengkapi dengan shield yang membungkus sepanjang kabel, yang juga membuat kabel sedikit kaku dan memiliki bobot yang lebih berat. Tentu dengan kwalitas kabel yang tergoolong sangat baik sehingga kabel jenis ini cocok untuk digunakan pada perusahaan skala besar yang membutuhkan kinerja yang maksimal. adapun  Penerapan shield pada kabel jenis twisted pair memiliki tiga macam tipe, yaitu


a. Individual Shield (U/FTP)

Individual Shield memiliki fungsi untuk melindungi tiap pasang kabel dengan aluminium foil. Tipe ini melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik dari luar dan juga mencegah terjadinya crosstalk pada tiap-tiap pasang kabel.

b. Overall Shield (F/UTP, S/UTP, dan SF/UTP)

Overall Shield memiliki fungsi nya juga untuk melindungi seluruh pasang kabel, namun yang menjadi perbedaanya dengan individual shield, yaitu alumunium foil pada tipe ini melindungi kabel dari elekromagnetika yang bersumber dari luar.

c. Individual dan Overall Shield (S/FTP, SF/FTP, dan F/FTP)

Tipe ini merupakan gabungan dari Individual dan Overall Shield yang berfungsi untuk  melindungi setiap pasang kabel dan juga seluruh pasang kabel dengan dengan memanfaatkan alumunium foil. Hal ini berfungsi untuk melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik yang bersumber dari luar dan tipe ini juga mencegah terjadinya crosstalk pada tiap pasang kabel.

2. Unshield Twisted Pair (UTP)

Jika diatas kita telah membahas tentang Shield  Twisted  Pair  Unshield Twisted Pair selanjutnya kita akan memahas tentang unishield twisted pair, twisted pair  adalah kabel twisted pair yang tidak dilengkapi dengan shield . dibandingkan dengan kabel Shield  Twisted  Kabel jenis ini memiliki harga yang lebih murah, tentu dengan harga yang ekonomis maka kabel jenis ini  cocok digunakan pada jaringan rumahan dan bahkan untuk kantor yang membutuhkan biaya minim.

Itulah jenis dari kabel twisted pair, maka selanjutnya kita akan membahas kabel Fiber optic.

c. Kabel Fiber Optic

JIka kita telah memhas tentang kabel coaxial dan kabel twisted pair dan telah mengetahui tentang jenis dan juga bagian-bagiannya maka sangat penting untuk mengenal Kabel fiber optic. Ditinjau dari bentuk fisik kabel fiber sedikit berbeda dengan jenis kabel yang sudah dibahas .Karena kabel jenis fiber optic sama sekali tidak menggunakan tembaga untuk penghantarnya, melainkan menggunakan serat kaca tipis yang yang berfungsi untuk menghantarkan data dalam bentuk cahaya.  Inti dari kabel fiber optic di bungkus oleh beberapa lapisan. Adapun lapisan yang ada pada fiber obtik adalah.

1. Bagian Inti (Core)

Seperti yang kita ketahu bahwa Bagian inti fiber optik terbuat dari bahan kaca dengan diameter yang tergolong sangat kecil (diamaternya sekitar 2 μm sampai 50 μm). Tentu jika Diameter serat optik yang lebih besar akan membuat performa yang lebih baik dan juga stabil.

2. Bagian Cladding

Kemudian lapisan kedua pada fiber obtik adalah cladding. Cladding merupakan bagian pelindung yang langsung menyelimuti serat optic secara langsung. ukuran cladding  biasanya berdiameter 5 μm sampai 250 μm.
Bahan Cladding terbuat dari bahan silikon, dan komposisi cladding meggunakan bahan berbeda dengan bagian core. Selain berfungsi untuk melindungi inti core, cladding juga berfungsi sebagai pemandu gelombang cahaya yang berperan untuk merefleksikan semua cahaya tembus kembali kepada core.

3. Bagian Coating / Buffer

Lapisan ketiga adalah coating, coating  adalah mantel dari serat optik yang tentunya  berbeda dari cladding dan core. Lapisan coating ini terbuat dari komposisi bahan plastik yang elastis. Berdasarkan fungsinya Coating berfungsi sebagai lapisan pelindung dari semua gangguan fisik yang mungkin terjadi,contohnya lengkungan pada kabel, kelembaban udara dalam kabel.

4. Bagian Strength Member & Outer Jacket

Lapisan keempat adalah  Strength Member & Outer Jacket  lapisan ini merupakan bagian yang memiliki peran sangat penting karena menjadi pelindung utama dari sebuah kabel fiber optik. Lapisan strength member dan outer jacket adalah lapisan terluar dari fiber optik yang melindungi inti kabel dari berbagai gangguan fisik secara langsung.

0 Response to "Mengenal Jenis-jenis Kabel Jaringan Beserta Fungsinya"

Post a comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel