Konfigurasi Kabel Straight Dan Crossover Lengkap Dengan Penjelasannya

Konfigurasi Kabel Straight Dan Crossover Lengkap Dengan Penjelasannya - Melakukan konfigurasi pada kabel jaringan adalah keharusan agar kabel jaringan dapat digunakan. pada artikel kali ini kami akan membahas tentang konfigurasi kabel straight dan Cross Over, seperti yang kita ketahui bahwa Konfigurasi Kabel Straight dan cross over adalah konfigurasi untuk jenis Kabel UTP. maka sebelum kita membahas tentang konfigurasi Straight dan Cross Over ada baiknya terlebih dahulu memahami apa itu kabel UTP.

Apa itu kabel UTP ? 

Kabel UTP adalah singkatan dari “unshielded twisted pair”  yaitu jenis kabel jaringan dengan bahan penghantar tembaga, diisolasi dengan bahan plastik dan terbungkus dengan bahan yang dapat melindungi dari api, bahan pelindung pada kabel UTP juga melindungi dari kerusakan fisik, kabel UTP memiliki empat pasang kabel , berdasarkan jenisnya kabel UTP memiliki 2 jenis yaitu Shielded dan Unshielded , shielded adalah jenis kabel UTP yang dilengkapi dengan selubung pembungkus, sedangkan Unshielded adalah jenis kabel UTP tanpa selubung pembungkus.  untuk koneksinya kabel UTP menggunakan RJ45 dan RJ11.

Seperti yang telah admin singgung diatas bahwa Kabel UTP memiliki 4 pasang kabel, keempat pasang kabel tersebut memiliki warna yang unik dan beragam sehingga untuk pengkonfigurasian kabel UTP kita berpatokan pada warna kabel. sedangkan untuk pengkonfigurasian kabel UTP ada dua konfigurasi yaitu Straight dan Crossover 

untuk lebih memahami perbedaan dan fungsi dari kabel straight dan cross-over silahkan simak pembahasan dibawah ini dengan baik.  

1. Konfigurasi Straight

Konfigurasi straight adalah konfigurasi kabel yang diurutan dengan warna yang sama antara ujung kabel 1 dan ujung kabel 2, ditinjau dari fungsinya straight berfungsi untuk menghubungkan perangkat karingan yang berbeda.

a. Contoh Penggunaan Straight

Kabel Straight Digunakan untuk menghubungkan :

1. Komputer dengan - Hub
2. Menghubungkan Router Dengan Switch
3. Menghubungkan Komputer dengan - Modem
4. Dll

b. Susunan Warna Kabel Straight

Adapun susunan warna straight adalah sebagai berikut.

No Urut
Ujung Kabel 1
No Urut
Ujung Kabel 2
1
Putih Orange
1
Putih Orange
2
Orange
2
Orange
3
Putih Hijau
3
Putih Hijau
4
Biru
4
Biru
5
Putih Biru
5
Putih Biru
6
Hijau
6
Hijau
7
Putih Coklat
7
Putih Coklat
8
Coklat
8
Coklat

2. Konfigurasi Cross-over

Jika anda telah memahami fungsi beserta susunan warna untuk kabel straight maka kita akan membahas konfigurasi Cross over, konfigurasi kabel cross over beda dengan konfigurasi kabel straight karena kedua ujung kabel pada crossover berbeda, ditinjau dari fungsinya kabel crossover berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama. contoh penggunaan kabel ini adalah

a. Contoh Penggunaan Crossover

Kabel Crossover digunakan untuk menghubungkan :

1. Menghubungkan Komputer dengan - Komputer secara langsung
2. Menghubungkan Switch Dengan - Switch
3. Menghubungkan Router Dengan - Router
4. Dll

b. Susunan Warna Cross-Over

Adapun susunan warna untuk cross over adalah sebagai berikut. 

No Urut
Ujung Kabel 1
No Urut
Ujung Kabel 2
1
Putih Orange
1
Putih Hijau
2
Orange
2
Hijau
3
Putih Hijau
3
Putih Orange
4
Biru
4
Biru
5
Putih Biru
5
Putih Biru
6
Hijau
6
Orange
7
Putih Coklat
7
Putih Cokelat
8
Coklat
8
Coklat


Itulah pembahasan tentang konfigurasi kabel straight dan cross over, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengkonfigurasi kabel straight dan cross over. Demikian artikel ini kami sampaikan, dan jika terdapat kekeliruan silahkan meninggalkan komentar, dan jika artikel diatas bermanfaat jangan lupa share kepada teman dan kerabat yang lain. Terimakasih.

0 Response to "Konfigurasi Kabel Straight Dan Crossover Lengkap Dengan Penjelasannya"

Post a comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel