Cara membuat kop surat di Microsoft Word

Cara membuat kop surat di Microsoft Word  - Kop Surat adalah identitas sebuah perusahaan atau sebuah instansi yang dilampirkan pada sebuah surat, tujuan dibuatnya kop surat agar sipenerima surat mengetahui perusahaan atau instansi mana yang telah mengirimkan surat tersebut.

Berdasarkan tujuan yang kami telah uraikan , kop surat juga menjadi elemen yang sangat penting sehingga surat yang telah dibubuhi sebuah kop surat terlihat sangat formal. pada kesempatan yang baik ini kami berinisiatif menyajikan sebuah tutorial sederhana tentang Cara membuat kop surat di microsoft Word. cara ini dapat anda gunakan pada ms word 2010 keatas, namun tidak menutup kemungkinan cara ini anda gunkan untuk membuat kop surat pada ms word 2007.

Untuk membuat kop surat pada ms word tentunya bukan hal yang sulit, namun bagi anda yang belum mahir ms word mungkin akan sedikit kesulitan, tetapi anda tidak perlu kwatir karena pada tutorial ini kami akan memaparkan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dilengkapi dengan gambar sehingga anda dengan mudah mengikuti langkah-demi langkah.

Untuk membuat kop surat pada ms word anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Buka Microsoft word anda
2. Pada Menu bar klik pada "INSERT"

3. Pada Menu INSERT klik pada "HEADER"
Pada header anda akan disuguhkan beberapa format hedear, kemudiaan pilih format header yang pertama (BLANK)

4. Kemudian klik pada TABLE 
Pada tahap ini kita akan memanfaatkan tabel untuk membuat kop surat agar tulisannya rapi dan proses insert logo perusahaan atau instansi terkait lebih mudah. pada tutorial ini kami membuat tabel dengan 2 kolom, kolom pertama untuk insert logo kemudian kolom kedua untuk nama perusahaan dan informasi lainnya. 
Atur ukuran tabel seperti gambar dibawah ini


5. Menambarkan Logo Dan Nama Perusahaan Dan Informasi Lainnya.
Pada tahap ini kita akan menambah logo pada kop surat yang sedang kita rancang. untuk menambah logo kop surat cara cukup mudah KLIK Pada KOLOM PERTAMA Tabel yang barusan kita buat, kemudian klik menu INSERT dan Klik pada PICTURE dan cari letak logo dan klik INSERT. 


Atur ukuran Logo 
Selanjutnya klik pada kolom kedua tabel dan isikan nama dan informasi Perusahaan atau instansi 

6. Menambah Garis pembatas Kop Surat
arahkan kursor tepat dibawah tabel kemudian masuk pada menu HOME kemudian klik borders

selanjutnya klik pada Borders anda shading

Kemudian Pilih Custom, pih style nya, atur warna sesuai dengan keinginan anda sesuaikan Width disini kami menggunakan 3 Pt. kemudian pada preview aktifkan Posisi bawah untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah.

7. Menghilangkan Bordir Tabel
Agar kop terlihat rapi maka kita harus menghilangkan bordir tabelnya caranya klik Tepat dipojok tabel kemudian klik pada icon bordir dan Pilih NO BORDER
Maka hasilnya seperti dibawah ini

8. Kemudian untuk keluar dari header daubel klik pada tulisan Header

9. Selesai.
Pada tahapan ini kita telah selesai membuat kop surat, kop surat pada tutorial ini masih cukup sederhana silahkan berkreasi sehingga kop surat yang anda desain terlihat elegan.


Itulah cara membuat kop surat versi Goliketri, pada cara diatas kop surat yang kami desain cukup sederhana, namun cara diatas dapat anda kembangkan kembali untuk membuat kop surat yang profesional.

Demikian lah artikel Cara membuat kop surat di microsoft word, semoga dengan cara ini anda terbantu untuk membuat komsurat pada Ms word. jika anda membutuhkan file kop surat yang kami desain diatas silahkan meninggalkan link pada kolom komentar. Terimakasih








0 Response to "Cara membuat kop surat di Microsoft Word"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel